Dokumen Pribadi KH. M. Cholil Nafis, Lc., Ph. D

CHOLILNAFIS.TV, Artikel - Tahun 2016 lalu saya sempat berkunjung ke Tokyo, Jepang. Saya bersama istri di sela pelaksanaan tugas sering mengsisinya dengan melakukan perjalanan ke beberapa tempat wisata atau tempat bersejarah.

Saya menemukan beberapa orang saat menunggu lampu merah itu bergerak dan melompat-lompat. Saya bertanya kepada teman yang tugas di KBRI Tokyo yang mengantar saya, mengapa mereka tak diam saja. Teman itu menjawab: kebiasaan orang jepang, khususnya di Tokyo itu jalan kaki dalam sehari 10.000 langkah. Maka mereka sering memilih turun dari kereta dan jalan kaki untuk tercapai target hariannya.

Ternyata orang Indonesia itu paling "mager" (malas gerak) se Asia Tenggara dan se dunia. Laporan hasil penelitian Universitas Stanford di jurna Nature yang dipublish kemarin menyebutkan bahwa Indonesia negara yang penduduknya paling sedikit melakukan jalan kaki. Hanya 3.513 langkah setiap hari.

Coba bandingkan dengan Thailand yang melakukan jalan kaki setiap hari rata-rata 4.764 langkah setiap hari, Jepang melakukan jalan kaki 6.010 langkah setiap hari dan tertinggi  Hongkong 6.880 langkah setiap hari rata-rata penduduknya melakukan jalan kaki. Rata-rata langkah kaki orang di dunia 4.961 langkah atau 4 kilometer.

Efek baik dari banyak gerak itu badan sehat, tubuh kebal penyakit dan segar. Bahkan bisa mengurangi obesitas. Efek negatif malas gerak itu pencernaan tak lancar, mudah terserang penyakit dan kelebihan berat badan.

Karenanya, kita pantas untuk mengingat kembali pepatah: "bergerak itu Barokah" (al-harokah fiha al-barokah). Bergerak menjadi sumber kebaikan, bahkan menandai seseorang dan sesuatu itu hidup manakala masih bisa bergerak.

Dokumentasi Kiai Cholil Nafis saat di Jepang

Barokah itu artinya berkembang dan banyak kebaikannya. Gerak dan langkah itu yang memberikan kebaikan untuk mengantar pada tujuan. Tak ada kesuksesan yang dapat diraih dengan diam tanpa bergerak.

Gerak adalah sumber kebaikan dan gerak merupakan awal dari tekat merealisasikan tujuan. Jalan Kaki merupakan gerak langkah yang dapat memberi kebaikan kepada seluruh tubuh ini untuk meraih hidup yang sehat dan kuat.

 

Unduh Buku Gratis

Buku pilihan yang dapat diunduh bulan ini ialah Dampak Bahasa Dari Perbedaan Para Mujtahid

Unduh Disini

No Images

Investasi Sedekah

Buat pengunjung yang bermurah hati untuk bersedekah dan menyumbang untuk dakwah dan pembangunan pesantren Darul Qur'an Cendekia Amanah

Selengkapnya...

Galeri Video

Berisi kumpulan video menarik dari Ust Cholil Nafis yang merekam berbagai topik-topik terhangat yang dapat menjadi teladan dan bimbingan buat semua

Selengkapnya...

Galeri Gambar

Berisi kumpulan gambar menarik dan meme dari Ust Cholil Nafis yang dapat menjadi teladan dan bimbingan buat semua

Selengkapnya...

Go to top
JSN Boot template designed by JoomlaShine.com